STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN START-UP PADA BIDANG PENDIDIKAN DI CV. BIG EDU INDONESIA

Authors

  • Nurkholifatul Maula

DOI:

https://doi.org/10.34147/crj.v5i02.221

Keywords:

Strategi, Marketing, Startup, Edutech

Abstract

Perkembangan startup di Indonesia cukup pesat dan telah berkembang secara merata ke seluruh daerah di Indonesia. Akan tetapi, startup yang dibidang edutech tampak tidak se-eksis startup e-commerce. Hal ini memiliki tantangan tersendiri bagi Indonesia. Terdapat perusahaan startup edutech yang cukup unik, yang bergerak dibidang riset, yaitu CV. Big Edu Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tiga pertanyaan, yaitu: bagaimanakah model bisnis CV. Big Edu Indonesia, bagaimana strategi marketing CV. Big Edu Indonesia, dan bagaimana dampaknya terhadap jumlah pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, analisis Miles dan Huberman, dengan teknik wawancara mendalam. CV. Big Edu Indonesia memiliki layanan konsultasi riset dan sekolah, serta terdapat produk Research Plan Book. Adapun strategi yang digunakan yaitu: membuat konten marketing di Instagram, LinkedIn, dan Blog; membuka volunteer di beberapa daerah; mengadakan student ambassador yang berada diberbagai daerah; membangun komunitas Big Edu Project di WhatsApp dan Facebook; mengadakan diskusi online setiap bulan dengan mengundang pembicara handal; dan melakukan pelatihan singkat di sekolah-sekolah. Dampak dari strategi tersebut yaitu dapat meningkatkan jumlah peserta diskusi online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chan Kim, Renee Mauborgne. 2005. Blue Ocean Strategy. Boston: Harvard Business Scholl Press.

Jason, feifer. 2018. ``Remote Corporate``. Dalam Enterpreneur Startups Start Your Dream Now. Juni, Callifornia: Enterpreneur Media Inc

Omidyar Network. 2019. Scaling Access and Impact Realizing the Power of Edtech. Singapura: Omidyar Network.

Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung:PT Refika Aditama.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tim, Prail. 2018. Global Edtech Ecosystems 1.0 Connecting The World Of Education Technology. Sydney: Navitas Ventures

Zaky, Andi dkk. 2018. Mapping dan Database Indonesia 2018. Jakarta: Bekraf. Hal 15-16.

Katadata.co.id

Published

2019-12-31

How to Cite

STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN START-UP PADA BIDANG PENDIDIKAN DI CV. BIG EDU INDONESIA. (2019). Creative Research Journal, 5(02), 85-92. https://doi.org/10.34147/crj.v5i02.221