Semua artikel yang diterbitkan di CRJournal mendapat DOI dan diterbitkan secara permanen. Hal ini berlaku terlepas dari hasil tinjauan sejawat setelah publikasi.Semua konten, termasuk artikel yang belum (belum) lolos peer review, diarsipkan secara permanen di platform CRJOURNAL OJS. Semua versi seluruh artikel yang lolos peer review akan diarsipkan di Halaman Arsip CRJOURNAL.

Penulis dapat merevisi, mengubah, dan memperbarui artikelnya dengan menerbitkan versi baru, yang ditambahkan ke riwayat artikel; namun, versi individual, setelah dipublikasikan, tidak dapat diubah atau ditarik dan tersedia secara permanen di situs web CRJOURNAL. CRJOURNAL berpartisipasi dalam skema CrossMark, sebuah inisiatif multi-penerbit yang telah mengembangkan cara standar bagi pembaca untuk menemukan versi artikel terkini. Dengan menerapkan kebijakan CrossMark, CRJOURNAL berkomitmen untuk menjaga konten yang diterbitkannya dan mengingatkan pembaca akan perubahan jika dan ketika perubahan tersebut terjadi.

Mengklik logo CrossMark (di bagian atas setiap artikel CRJOURNAL) akan memberi Anda status artikel saat ini dan mengarahkan Anda ke versi terbitan terbaru; ini juga dapat memberi Anda informasi tambahan seperti tanggal penting artikel.

Untuk menjaga integritas dan kelengkapan catatan ilmiah, kebijakan berikut akan diterapkan ketika konten yang dipublikasikan perlu diperbaiki; kebijakan ini mempertimbangkan praktik terbaik saat ini dalam komunitas penerbitan ilmiah dan perpustakaan:

 

Koreksi Artikel

Dalam jurnal tradisional, di mana artikel ditinjau oleh rekan sejawat sebelum diterbitkan, Koreksi (atau Errata) diterbitkan untuk mengingatkan pembaca akan kesalahan dalam artikel yang terlihat setelah publikasi artikel akhir.

Sebaliknya, artikel di CRJOURNAL menjalani publikasi pasca tinjauan sejawat dan publikasi tersebut belum 'final' karena versi baru dapat ditambahkan pada tahap mana pun. Kemungkinan kesalahan yang terungkap selama proses tinjauan sejawat dapat disorot dalam laporan wasit yang dipublikasikan, yang merupakan bagian dari artikel. Penulis dapat menerbitkan versi revisi, dan kesalahan apa pun yang terlihat selama tinjauan sejawat atau setelahnya dapat diperbaiki melalui publikasi versi baru. Koreksi dan perubahan yang berhubungan dengan versi sebelumnya selalu dirangkum di bagian ‘Amandemen’ di awal versi baru.

 

Pencabutan

Artikel dapat ditarik kembali karena beberapa alasan, antara lain:

  • kesalahan jujur yang dilaporkan oleh penulis (misalnya, kesalahan karena pencampuran sampel atau penggunaan alat atau perlengkapan ilmiah yang kemudian diketahui cacat)
  • kesalahan penelitian (pemalsuan data)
  • publikasi duplikat atau tumpang tindih
  • penggunaan data yang curang
  • plagiarisme yang jelas
  • penelitian yang tidak etis

Untuk setiap artikel yang dicabut, alasan pencabutan dan siapa yang mendorong pencabutan tersebut akan dinyatakan dengan jelas dalam pemberitahuan Pencabutan. Pemberitahuan pencabutan akan ditautkan ke artikel yang ditarik (yang biasanya tetap ada di situs) dan artikel tersebut akan ditandai dengan jelas sebagai ditarik (termasuk PDF).

Sebuah artikel biasanya hanya ditarik kembali atas permintaan penulis atau oleh penerbit sebagai tanggapan terhadap penyelidikan institusi. Penting untuk dicatat dalam konteks model publikasi CRJOURNAL, bahwa – seperti dalam jurnal tradisional – artikel yang ditarik bukan berarti ‘tidak diterbitkan’ atau ‘ditarik’ agar dapat diterbitkan di tempat lain. Alasan pencabutan biasanya sangat serius sehingga keseluruhan penelitian, atau sebagian besar penelitian, tidak layak untuk dimasukkan dalam literatur ilmiah di mana pun.

Isi artikel yang ditarik kembali hanya akan dihapus jika terdapat batasan hukum yang dikenakan pada penerbit, pemegang hak cipta, atau penulis, misalnya jika artikel tersebut jelas-jelas mencemarkan nama baik atau melanggar hak hukum orang lain, atau jika artikel tersebut merupakan hak cipta. tunduk pada perintah pengadilan. Dalam kasus seperti ini, informasi bibliografi untuk artikel tersebut akan disimpan di situs bersama dengan informasi mengenai keadaan yang menyebabkan penghapusan konten tersebut.

Dalam keadaan yang jarang terjadi, misalnya, jika data palsu atau tidak akurat telah dipublikasikan, yang jika ditindaklanjuti, menimbulkan risiko kesehatan yang serius, versi asli yang salah dapat dihapus dan versi yang telah diperbaiki dapat dipublikasikan. Alasan penghapusan sebagian ini akan dinyatakan dengan jelas pada versi terbaru.

 

Catatan Redaksi

Jika ada potensi masalah yang belum terselesaikan pada sebuah artikel, mungkin tepat untuk memperingatkan pembaca melalui Catatan Editorial. Catatan Editorial tersebut dapat ditambahkan, misalnya, jika CRJOURNAL menerima informasi bahwa mungkin telah terjadi kesalahan penelitian atau publikasi, atau terdapat perselisihan serius antara penulis atau antara penulis dan pihak ketiga. Catatan Editorial biasanya akan diposting ketika investigasi lebih lanjut dilakukan dan sampai solusi yang lebih permanen ditemukan (misalnya penerbitan versi revisi yang ‘diperbaiki’, atau Pencabutan).