ADOPSI TEKNOLOGI BELANJA ONLINE OLEH KONSUMEN UMKM DENGAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2

Authors

  • Elvira Aziz
  • Ragil Muhammad Kamal

DOI:

https://doi.org/10.34147/crj.v2i01.11

Keywords:

MSMEs, UTAUT2, PLS-SEM

Abstract

Tren baru yang muncul didalam masyarakat Indonesia adalah jual beli secara online dengan menggunakan internet, hal ini ditunjukan dengan peningkatan nilai transaksi elektronik dari tahun 2013 ke tahun 2014 yaitu dari USD 8 miliar dollar menjadi USD 12 miliar dollar. Sumbangan terhadap GDP sebanyak 59% oleh UMKM dan membuka lapangan pekerjaan sebesar 97% membuat UMKM memiliki peran penting didalam perekonomian Indonesia. Pada tahun 2013, hanya 75 ribu dari 55,2 juta UMKM di Indonesia yang telah memanfaatkan Internet untuk kegiatan bisnis. Objek dalam penelitian ini adalah konsumen UMKM di Jawa Barat. Dengan meneliti tingkat adopsi penggunaan internet untuk berbelanja oleh konsumen melalui pendekatan teori UTAUT 2, diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih spesifik yang dapat digunakan untuk membuat strategi penjualan elektronik yang efektif serta memiliki daya saing yang lebih besar. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat penggunaan (behavioral intention) internet oleh konsumen UMKM di Jawa Barat sebesar 44,1% dan kebiasaan menggunakan (use behavioral) internet untuk berbelanja secara online oleh konsumen UMKM di Jawa Barat sebesar 40,5%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa jenis kelamin tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap adopsi internet. Dilihat dari hasil penelitian ini disaran agar UMKM di JawaBarat diberikan pengetahuan mengenai internet sehingga dapat memanfaatkan internet dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwahaishi, S., & Snasel, V. (2013). Consumer’s Acceptance and Use of Information and Communications Technology: A UTAUT and Flow Based Theoretical Model. Journal of Technology Management & Innovation, 61- 73.

Basuki, Y. I. (2015, April 01). Berita Kementrian: Buku Saku Data dan Tren TIK. Diambil kembali dari Kementrian Komunikasi dan Informatika: http://kominfo. go.id/index.php/content/detail/4634/ Buku+Saku+Data+dan+Tren+TIK/0/berita_ satker#.VbX1qLOqqko

Bint005. (2015, Maret 7). Berita Kementrian: Menkominfo: Pemerintah Terus Genjot Pengguna e-Commerce. Diambil kembali dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia: http://kominfo.go.id/ index.php/content/detail/4546/Menkominfo- -Pemerintah-Terus-Genjot-Pengguna-eCommerce/0/berita_satker#.VbPoi7Oqqkp

Deny, S. (2014, Oktober 02). Ekonomi: UKM 99% Masih Dominasi Perusahaan di Indonesia. Diambil kembali dari Liputan 6: http:// bisnis.liputan6.com/read/2113181/ukm-99- masih-dominasi-perusahaan-di-indonesia

Elvandari, S. D. (2011). Penerimaan Sistem Online Shopping berdasarkan Unified Theory of Acceptance and Usage of Technology. INTEGRA, 72-91.

Escobar-Rodriguez, T., & Carvajal-Trujillo, E. (2013). Online Drive of Consumer Purcahse of Website Airline Tickets. Journal of Air Transport Management, 32, 58-64.

Gatautis, R., & Medziausiene, A. (2014). Factor Affecting Social Commerce Acceptance in Lithuania. Contemporary Issues in Business, Management and Education 2013 (hal. 1235-1242). Elsevier Ltd.

Ghozali, I. (2011). Structural Equation Modeling, Model Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Hult, G. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2014). A Primer On Partial Least Squares Strucural Equation Modeling (PLS- SEM) (1 ed.). SAGE Publisher, Inc.

Harsono, L. D., & Suryana, L. A. (2014). Factor Affecting The Use Behavior of Social Media Using UTAUT 2 Model. Proceedings of the First Asia Pasific Conference on Global Business, Economic, Finance and Social Sciences (API 4SINGAPORE Conference). Singapore: Global Biz Research.

Hermansah. (2015, Juni 12). Periskop: Era Jual-Beli Online Aman. Diambil kembali dari Koran Sindo: http://www.koran-sindo. com/read/1022884/162/era-jual-beli-onlineaman-1436672498

Venkatesh, V., Thong, J. Y., & Xu, X. (2012, Maret). Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Tehcnology. MIS Quarterly, 157-178.

Wiguna, D. (2015, Mei 9). Teknologi, Internet: Google Edukasi Pelaku UMKM Manfaatkan Teknologi internet. Diambil kembali dari Antara News: http://www.antaranews.com/ berita/495230/google-edukasi-pelakuumkm-manfaatkan-teknologi-internet

Published

2016-06-30

How to Cite

ADOPSI TEKNOLOGI BELANJA ONLINE OLEH KONSUMEN UMKM DENGAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2. (2016). CREATIVE RESEARCH JOURNAL, 2(01), 19-38. https://doi.org/10.34147/crj.v2i01.11