PENGARUH KUALITAS PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASANMAHASISWA LULUSAN PRODI DIII KEBIDANAN DI STIKes RESPATITASIKMALAYA

Main Article Content

Annisa Rahmidini
Firman F. Wirakusumah
Sari Puspa Dewi

Abstract

Tingginya tingkat persaingan antara institusi pendidikan mengakibatkan setiap institusi harus dapat mengelola institusinya secara professional. Institusi pendidikan dapat mengatasi daya saing yang tinggi dengan memiliki mutu/kualitas pendidikan yang baik. Keputusan perguruan tinggi melakukan tindakan perbaikan kualitas pendidikan yang sistematis merupakan perangkat yang menentukan dalam menindaklanjuti keluhan mahasiswa dari suatu kegagalan sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan kepuasan lulusan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas pendidikan (tatakelola, pengabdian pada masyarakat, kurikulum program studi, proses pembelajaran, sumber daya manusia, suasana akademik, penelitian dan
publikasi, kemahasiswaan, keuangan, serta prasarana dan sarana) terhadap kepuasan lulusan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Respati Tasikmalaya. Jenis penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode survey analitik dengan desain penelitian yaitu cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lulusan STIKes Respati Tasikmalaya dua tahun terakhir yaitu Angkatan VII dan VIII berjumlah 201 lulusan. teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling sebanyak
106 lulusan diambil. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara kualitas pendidikan terhadap kepuasan lulusan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Respati Tasikmalaya. Diharapkan STIKES Respati Tasikmalaya meningkatkan kualitas pendidikan agar lulusan dapat merasa puas.

Downloads
Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PENGARUH KUALITAS PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASANMAHASISWA LULUSAN PRODI DIII KEBIDANAN DI STIKes RESPATITASIKMALAYA. (2015). CR JOURNAL (CREATIVE RESEARCH FOR WEST JAVA DEVELOPMENT), 1(01), 31-46. https://doi.org/10.34147/crj.v1i01.190
Section
Article

How to Cite

PENGARUH KUALITAS PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASANMAHASISWA LULUSAN PRODI DIII KEBIDANAN DI STIKes RESPATITASIKMALAYA. (2015). CR JOURNAL (CREATIVE RESEARCH FOR WEST JAVA DEVELOPMENT), 1(01), 31-46. https://doi.org/10.34147/crj.v1i01.190

References

AHMED, I., NAWAZ, M. M., USMAN, A., SHAUKAT, M. Z., AHMAD, N. (2010). Impact of Service Quality on Customer’s Satisfaction: Empirical Evidence from Telecom Sector of Pakistan. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 1 (12): 98-113.

APRILIA N. (2011). Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan [tesis]. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

ATHIYAMAN, A. (1997). Linking Student Satisfaction and Service Quality Perceptions: The Case of University Education. European Journal Marketing. 31 (7): 528-540.

CRONIN, J. J. JR., DAN TAYLOR, S. A. (1992). Measuring Service Quality: a Reexamination and Extension. Journal Marketing, 56 (3): 55-68.

DIMYATI M. (2002). Analisis Kesenjangan Antara Harapan Dengan Persepsi Atas Kualitas Jasa Pendididkan Tinggi: Kasus di FE Universitas Jember Surabaya. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, 1 (1).

ELU B. (2005). Manajemen Penanganan Komplain Konsumen Di Industri Jasa. Jurnal Ilmu Administrasi Organisasi Bisnis Birokasi. 13(3): p. 54–7.

EMERY, C. KRAMER, T. DAN TIAN, R. (2001). Customer vs. Product: Adopting an Effective Approach to Business Students. Quality Assurance Education, 9 (2): 110-115.

HAMIDIN D. (2008). Model Customer Relationship Management (CRM) di Institusi Pendidikan. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2008 (SNATI 2008); A-31–4. Yogyakarta: ISSN 1907–5022. Diperoleh dari: http://www.journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/559/483. Diakses 21/6/11].

HELGESEN, O., DAN NESSET, E. (2007). What Accounts for Students’ Loyalty? Some Field Study Evidence. International Journal of Educational Management, 21 (2): 126-143.

Ikatan Bidan Indonesia dan Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Indonesia. (2011). Naskah Akademik Sistem Pendidikan Kebidanan di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi; Diperoleh dari: www.hpeq.dikti.go.id. [Diakses 21 Juni 2011].

JURKOWITSCH, S ET AL. (2006). “Student Satisfaction Model for Austrian Higher Education Providers Considering Aspects Of Marketing Communications”. Special Edition on Consumer Satisfaction -Global Perspective. Volume 2, Issue 3, 9-22.

KANDAMPULLY, J. (2000). The Impact of Demand Fluctuation on the Quality of Service: A tourism Industry Example. Managing Service Quality, 10 (1): 10-18.

NARIMAWATI U. (2010). Metodologi Penelitian: Dasar Penyusun Penelitian Ekonomi. Jakarta: Genesis.

PARISEAU, SUSAN E. DAN MCDANIEL, J. R. (1997). Assesing Service Quality in Schools of Business. International Journal of Quality & Reliability Management. 14 (3): 204-218.

PRAMUDIARDJA. (2012). Indonesia Akan Mengalami Surplus Bidan Pada 2015. Jakarta. Diperoleh dari: http://health.detik.com/read/2012/02/02/132912/1832424/763/indonesia-akanmengalami-surplus-bidan-pada-2015. [Diakses 21/2/2014].

RADNO HARSANTO, (2007), Pengelolaan Kelas yang Dinamis, Yogyakarta : Kanisius ROOIJAKKERS, (1991), Mengajar Dengan Sukses, Jakarta: PT. Grasindo

SHEMWELL, D. J., YAVAS, U., DAN BILGIN, Z. (1998). Customer Service Provider Relationship: an Empirical Test of A Model of Service Quality, Satisfaction and Relationship Oriented Outcomes. International Journal Service Industry Management, 9 (2): 155-168.46 | CR Journal | Volume 1 No. 1 Desember 2015 | 31-46

SINGGIH ML, RAHMAYANTI. (2008). FaktorFaktor Yang Memengaruhi Kualitas Pendidikan Pada Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Teknoin; 22 November 2008; Kampus ITS Sukolilo Surabaya: Yogyakarta. ISBN: 978–979–3980–15–7; p. 133–141.

SURESHCHANDAR, G. S., CHANDRASEKHARAN RAJENDRAN, DAN R. N. ANANTHARAMAN. (2002). The Relationship Between Service Quality and Customer Satisfaction: A Factor Specific Approach. Journal of Services Marketing, 16 (4): 363-379.

TAMPUBOLON, MARIA, PERDANI SUKMANINGRUM, DAN SERLI WIJAYA. (2007). Analisa Kepuasan Senior Market Terhadap Kualitas Layanan di Hotel Bintang 4 dan Bintang 5 di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9 (2): 135-143.

VELOUTSOU, C., LEWIS, J. W., PATON, R. A. (2004). University Selection: Information Requirements and Importance. International Journal of Educational Management, 18 (3): 160-171.

WEI, CHUAH CHIN, AND SUBRAMANIAM SRI RAMALU. (2011). Student Satisfaction toward the University: Does Service Quality Matters?. International Journal of Education. Vol 3, No 2