KINERJA FASILITATOR PADA PENGEMBANGAN PROGRAM RUMAH PANGAN LESTARI DI KABUPATEN KUNINGAN
DOI:
https://doi.org/10.34147/crj.v4i02.172Keywords:
Ibu Rumah Tangga, Kinerja, PekaranganAbstract
Kinerja adalah kondisi tentang individu melakukan pekerjaan dan hasil yang dicapai dari pekerjaan tersebut. Penilaian tidak hanya ditujukan untuk menilai dan memperbaiki kinerja yang buruk, namun juga untuk mendorong bekerja lebih baik. Tujuan penelitian adalah untuk mengukur tingkat kinerja fasilitator program Rumah Pangan Lestari (RPL) terhadap kepuasan pelaku utama (ibu rumah tangga). Pendekatan dalam penelitian ini didesain secara kuantitatif dan kualitatif (mixed method), dengan menggunakan metode survey, studi literatur dan wawancara. Penelitian dilaksanakan pada satu populasi ibu rumah tangga yang tergabung dalam KWT yang telah menerapkan dan masih menerapkan inovasi teknologi pengelolaan pekarangan, di Desa Sindangsari Kecamatan Sindangagung dan Desa Babakanmulya Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan pada bulan April sampai Juli 2016. Data primer didapat dari persepsi ibu rumah tangga peserta program terhadap kinerja fasilitator dilihat dari: (1) frekuensi kunjungan; (2) kualitas layanan; (3) tingkat pengetahuan; (4) tingkat kreativitas; dan (5) tingkat kerjasama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitator yang berperan dalam kegiatan pengelolaan pekarangan secara berurutan adalah fasilitator KWT, gapoktan, dinas setempat dan fasilitator BPTP. Umumnya jenis kinerja fasilitator yang dapat memuaskan ibu rumah tangga di kedua lokasi penelitian adalah tingkat kepuasan ibu rumah tangga pada jasa kinerja fasilitator pada aspek kunjungan, kualitas layanan, tingkat pengetahuan dan tingkat kreativitas. Namun pada aspek kerja sama dengan khalayak pengguna khususnya fasilitasi kemitraan bidang pemasaran dinilai antara rendahsedang
Downloads
References
Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kuningan. 2015. Laporan Tahunan Dinas (Bahan LKPJ Bupati Tahun 2015). Kuningan.
Gomes FC. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.
Kotler P. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Sebelas. Jilid 1,2. Jakarta: Indeks Gramedia.
Neuman WL. 2015. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi Ketujuh. PT. Indeks. Jakarta.
Padmowiharjo S. 2004. Menajemen dan Perencanaan Pelatihan. Badan Pengembangan Sumber daya Manusia. Departemen Pertanian. Jakarta.
Rakhmat J. 2002. Metode Penelitian Komunikasi; dilengkapi Contoh dan Analisa Statistik. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Tjiptono F. 2004. Strategi Bisnis Pemasaran. Edisi Kedua. Andi. Yogyakarta.
Werther Jr WB dan Davis K. 1996:346. Human Resources and Personnel Management. USA: McGraw-Hill, Inc.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Ani Suryani , Agus Riswandi, Darojat Prawiranegara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.