TANTANGAN PENDIDIKAN USIA DINI DI WILAYAH DESA: STUDI KASUS DI DESA KEDONGDONG, KECAMATAN SUSUKAN, KABUPATEN CIREBON

Authors

  • Alifatuzzahro

DOI:

https://doi.org/10.34147/crj.v7i01.293

Keywords:

Tantangan, strategi, Pendidikan Anak Usia Dini, Desa Kedondong

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang sangat dasar dan strategi dalam pembangunan sumber daya manusia. Pendidikan Anak usia Dini pun sangat penting bagi pertumbuhan anak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan tantangan dan strategi lembaga PAUD di Desa Kedongdong, Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lembaga PAUD mengalami kendala dalam proses belajar mengajar, sumber daya manusia, dan fasilitas. Pihak sekolah memiliki strategi untuk mengatasi tantangan dalam pembelajaran yaitu dengan membuat buku sendiri sebagai bahan ajar dan mengadakan program mendongeng.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianing Guspita. (2010). Respon Masyarakat Terhadap Program Pelayanan Pendididkan Anak Usia Dini Kelompok Bermain Al Khoeriyah Desa Banjarharjo. Fakultas Ilmu Sosial. Universita Negeri Semarang.

Creswell, John W.( 2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Egi, A. F. dan Wardhana. (2016). Penguatan Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Garawangi dan Desa Rancaputat Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Jurnal Penelitian Universitas Padjajaran. Vol.10. No.02

Hartati Sofia. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Mansur.(2011). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mely, Fauziyah. (2019). Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Dusun Cemanggal (Studi Kasus Pada Orang Tua yang Menikah Dini). (Skripsi Universitas Negeri Semarang). Diakses dari lib.unnes.ac.id

Muhibuddin, Fahri. (2015). Dongeng untuk Anak Usia Dini: Menginspirasi tanpa Menggurui. Prosiding Seminar Nasional PAUD Universitas Negeri Surabaya. Surabaya, 28 Maret 2015.

Reni, M. (2015). Pengembangan Kreativitas Anak melalui Proses Pembelajaran pada Pendidikan Taman kanak-Kanak.

Yuliani, Nurani. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Ulber, Silalahi. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Wafiyah. (2013). Optimalisasi Gerakan Peduli PAUD. Dimas. Vol.13. No.2

Widodo, Hery. 2019. Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Semarang. Alprin

Published

2021-06-30

How to Cite

TANTANGAN PENDIDIKAN USIA DINI DI WILAYAH DESA: STUDI KASUS DI DESA KEDONGDONG, KECAMATAN SUSUKAN, KABUPATEN CIREBON. (2021). CREATIVE RESEARCH JOURNAL, 7(01), 31-36. https://doi.org/10.34147/crj.v7i01.293