MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDEKATANMULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID - 19

Authors

  • Budi Febriyanto
  • Edo Dwi Cahyo
  • Elfa Inayah
  • Venia Eldiana

DOI:

https://doi.org/10.34147/crj.v8i1.303

Keywords:

Multiple Intellegences, Pembelajaran Daring, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini menimbulkan berbagai macam polemik dalam dunia pendidikan. Kegiatan Belajar Mengajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka, berganti menjadi pembelajaran daring. Hal tersebut semakin mempersulit para guru dalam menanamkan, mengontrol dan menginternalisasi pendidikan karakter. Siswa juga sulit dalam memahami nilai-nilai karakter yang diajarkan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran aktivitas pembelajaran selama masa pandemik melalui pendekatan multiple intelligences yang dapat menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang bersumber dari artikel ilmiah baik nasional maupun internasional. Analisis data yang digunakan menggunakan literatur review yaitu menganalis sumber data yang diperoleh dengan topik kajian permasalahan sehingga dapat ditemukan sebuah kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa karakter yang dapat ditanamkan pada peserta didik selama pembelajaran yang dilakukan dirumah, yaitu karakter religius, karakter disiplin, karakter kreatif, karakter mandiri, karakter tanggung jawab, dan karakter rasa ingin tahu. Proses berkembangnya nilai-nilai karakter ini merupakan hasil kerjasama pendidik dan orang tua dalam membimbing peserta didik dalam masa pandemi COVID-19 ini. Bimbingan yang dilakukan dapat diterapkan melalui pendekatan multiplle intelligences. Implikasi penelitian ini diharapkan guru dapat menanamkan nilai-nilai karakter selama pembelajaran di masa pandemic

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, M., & Ardiansyah. (2021). Mengembangkan Kecerdasan Multiple. Musawa, 13(1), 106–133.

Almeida, F., & Simoes, J. (2019). The Role of Serious Games, Gamification and Industry 4.0 Tools in the Education 4.0 Paradigm. Contemporary Educational Technology.

Amelia, D. J. (2017). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Berorientasi Multiple Intelligences di kelas awal SD Muhammadiyah 9 Malang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(1), 13–28.

Amelia, D. J. (2018). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Multiple Intellegences di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 86–95.

Amstrong, T. (2002). Setiap Anak Cerdas: Panduan Membantu Anak Belajar dengan Memanfaatkan Multiple Intelligence-nya, terj. In Rina Buntaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Andrianti, S. (2019). Pendekatan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Mahasiswa di Sekolah Tinggi Teologi. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 3(2), 135. https://doi.org/10.30648/dun.v3i2.188

Ansori, M. (2022). IMPLIKASI PENDEKATAN MULTIPPLE INTELLIGENCES MENURUT GARDNER BAGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI). Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 19(3).

Ansori, Y. Z. (2019). ISLAM DAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 110–115.

Berkowitz, M.W. & Bier, M. . (2005). What Works In CharacterEducation: A Research-Driven Guide for Educators. Univesity of Missouri-St Louis.

Chatib, M. (2013). Guardian Angel, Romantika Membangun Sekolahnya Manusia. In Kaifa: Bandung.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 55–61.

Dhull, I., & Sakshi, S. (2017). Online Learning. International Education & Research Journal (IERJ).

Diana, P. Z., Wirawati, D., & Rosalia, S. (2020). Blended Learning dalam Pembentukan Kemandirian Belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(1), 16. https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.763

Elmubarok, Z. (2009). Membumikan Pendidikan Nilai. In Alfabeta, Bandung.

Fathani, A. H. (2016). PENGEMBANGAN LITERASI MATEMATIKA SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCES. Jurnal EduSains,4(2), 136–150.

Febriyanto, B., Patimah, D. S., Rahayu, A. P., & Masitoh, E. I. (2020). Pendidikan Karakter Dan Nilai Kedisiplinan Peserta Didik Di Sekolah. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 85–91.

Gardener, H. (1992). Multiple Intelligences: The Theory in Practice. In Basic Books. A Division of Harper Collins.

Gardener, H. (2000). Intelligence reframed: Multiple intelligences for the 21st century. Hachette UK.

Gardner, H. (2003). Kecerdasan Majemuk. Batam: Interaksara.

Jasmine, J. (2007). Professional’s Guide: Teaching with Multiple Intelligences. In Terjemahan oleh Purwanto (Panduan Praktis Mengajar Berbasis Multiple Intelligences). Nuansa Bandung.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, I. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Legowo, E. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Penstimulasian Multiple Intelligences Siswa. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.17977/um001v2i12017p001

Lickona, T. (2015). Educating for Character; Mendidik Untuk Membentuk Karakter. PT. Bumi Aksara.

Munir, M. (2017). Tahapan Operasional Konkret Jean Piaget dalam Internalisasi Moral Religius Anak Usia Sekolah Dasar 7 - 12 Tahun. Ta’limuna, 6(1), 5–9.

Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Muhtar Umar Buamona, S. A., Cahyadi, E., & Istiqomah, W. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi Kurikulum Dan Metode Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020

Naserly, M. K. (2017). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Ni’mawati, Handayani, F., & Hasanah, A. (2020). Model pengelolaan pendidikan karakter di sekolah pada masa pandemi. Fastabiq: Jurnal Studi Islam, 1(2), 145–156.

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468.

PILOMONU, H., MASAONG, A., & SUKING, A. (2020). Investigating on Multiple Intelligence in Improving Student Character. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 4(2), 97–103. http://www.ajhssr.com/wpcontent/uploads/2020/01/M204297103.pdf

Pramasanti, R., Bramasta, D., & Anggoro, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Kerja Sama Dalam Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Di SD Negeri 2 Berkoh. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.410

Purandina, Y., & Winaya, A. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Rose, C. P., & Nicholl, M. J. (1998). Accelerated learning for the 21st century: The six-step plan to unlock your master-mind. Dell Books.

Rusnaini, & Yosipita, Y. (2021). Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Character Education In Network Learning In The Covid-19 Pandemic. 242–247.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Sonawat, R., & Gogri, P. (2008). Multiple Intelligences for Pre-school Children. In Multi-tech Publishing co.

Sulistiyanto, D., Muti’ah, T., & Ballerina, T. (2020). Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan pembelajaran berbasis multiple intellegence. Jurnal Spirits, 10(2), 35. https://doi.org/10.30738/spirits.v10i2.8226

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia : Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I. https://doi.org/http://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Teguh, M. (2015). Difusi Program Dalam Program Pembelajaran Jarak di Yayasan Trampil Indonesia. Sereal Untuk, 2(1), 51.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.

Verawardina, U., Asnur, L., Lubis, A. L., & Hendriyani, Y. (2020). Reviewing Online Learning Facing the Covid-19 Outbreak. 385–392.

Yaumi, M. (2012). Pembelajaran berbasis multiple intelligences. In Jakarta: Dian Rakyat.

Zubaedi, D. P. K. (2011). Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Published

2022-06-30

How to Cite

MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDEKATANMULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID - 19. (2022). CREATIVE RESEARCH JOURNAL, 8(01), 17-26. https://doi.org/10.34147/crj.v8i1.303