STRATEGI PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN MELALUI PEMBERDAYAAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL: KASUS DI JAWA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.34147/crj.v8i1.306Keywords:
kewirausahaan sosial, tingkat kemiskinan dan angka pengangguran, pemberdayaan, provinsi jawa baratAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi karateristik dan faktor-faktor yang menjadi determinan dalam kewirausahaan sosial di Provinsi Jawa Barat, (2) menganalisa peran dan pengaruh kewirausahaan sosial dalam mengurangi tingkat kemiskinan dan angka pengangguran di Jawa Barat dan (3) merumuskan kebijakan yang perlu dilakukan dalam kewirausahaan sosial yang berbasiskan UMKM sebagai solusi dalam upaya mengurangi tingkat kemiskinan dan angka pengangguran di Jawa Barat. Metode analisis data pada penelitian ini mengabungkan antara data kuantitif dengan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diperoleh beberapa kesimpulan. Pertama, karateristik dan faktor-faktor yang menjadi determinan dalam kewirausahaan sosial di Provinsi Jawa Barat adalah pendapatan usaha/perusahaan, tingkat pendidikan, kepemilikan usahanya, umur dari pengusaha, jumlah pegawai yang dimiliki oleh masing-masing entrepreneur, jiwa sosial yang dimiliki oleh para pengusaha SE dan proses inovasi produk. Kewirausahaan sosial berpengaruh positif terhadap penciptaan lapangan kerja, dimana dengan adanya kewirausahaan sosial dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak. Kewirausahaan sosial memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mendapatkan laba dibandingkan dengan wirausaha yang konvensional. Kebijakan yang perlu dilakukan dalam kewirausahaan sosial yang berbasiskan UMKM sebagai solusi dalam upaya mengurangi tingkat kemiskinan dan angka pengangguran di Jawa Barat adalah. penciptaan wirausaha sosial baru dengan memberikan beberapa stimulus, perlu dilakukan pendampingan untuk meningkatkan kemandirian dan kesinambungan usahanya, terutama sejak pandemi Covid-19, mendorong pemberdayaan masyarakat, mendorong finansial dan kelembagaan dan terakhir membangun kewirausahaan sosial yang berbasis inovasi sosial.
Downloads
References
Aspers, P., & Corte, U. (2021). What is Qualitative in Research. Qualitative Sociology. https://doi.org/10.1007/s11133-021-09497-w
Badan Pusat Statistik Indonesia. (2020). Statistik Indonesia Tahun 2020. Statistik Indonesia 2020, 1101001.
Certo, S. T., & Miller, T. (2008). Social entrepreneurship: Key issues and concepts. Business Horizons. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2008.02.009
Chu, PH. and Chang, Y. (2017). John W, Creswell, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Journal of Social and Administrative Sciences, 4(June).
Escamilla-Fajardo, P., Ratten, V., & NúñezPomar, J. (2020). Sport Entrepreneurship, Financial, Sporting and Social Performance: A Theoretical Framework. In Entrepreneurship as Empowerment: Knowledge Spillovers and Entrepreneurial Ecosystems. https://doi.org/10.1108/978-1-83982-550-720201006
Hadi, A. purbathin. (2009). Tinjauan Terhadap Berbagai Program Pemberdayaan Masyarakat di Indonesia. Yayasan Agribisnis/Pusat Pengembangan Masyarakat Agrikarya (PPMA).
Hamirul Hamizan Roslan, M., Hamid, S., Taha Ijab, M., & Bukhari, S. (2019). Social Entrepreneurship Learning Model in Higher Education using Social Network Analysis. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1339). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012029
Harvey, M., Kiessling, T., & Moeller, M. (2010). A view of entrepreneurship and innovation from the economist “for all seasons”: Joseph S. Schumpeter. Journal of Management History, 16(4). https://doi.org/10.1108/17511341011074004
Hayami, Y. (2009). Social capital, human capital and the community mechanism: Toward a conceptual framework for economists. Journal of Development Studies, 45(1), 96–123. https://doi.org/10.1080/00220380802468595
Lateh, M., Hussain, M. D., & Abdullah, M. S. Bin. (2018). Social Entrepreneurship Development and Poverty Alleviation - A Literature Review. Journal of Business and Management, 2(3).
Mertens, D. M. (2015). Mixed Methods and Wicked Problems. Journal of Mixed Methods Research. https://doi.org/10.1177/1558689814562944
Nainggolan, R., & Harny, D. (2020). PENGARUH pendidikan entrepreneurship dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha (studi di universitas ciputra). Jurnal ekonomi pendidikan dan kewirausahaan, 8(2). https://doi.org/10.26740/jepk.v8n2.p183-198
Nasution, A., Rustiadi, E., Juanda, B., & Hadi, S. (2014). Dampak Partisipasi Dalam Kegiatan Kemasyarakatan Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Perdesaan Di Indonesia. Sosiohumaniora, 16(3), 222. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v16i3.5760
Nasution, A., Rustiadi, E., Juanda, B., & Hadi, S. (2015). Two-way causality between social capital and poverty in rural Indonesia. Asian Social Science, 11(13), 139–150. https://doi.org/10.5539/ass.v11n13p139
Pinkovetskaia, I. S., Arbeláez-Campillo, D. F., Rojas-Bahamón, M. J., & Veas Iniesta, D. S. (2020). Motivation of new entrepreneurs in modern economies. Revista Amazonia Investiga, 9(29). https://doi.org/10.34069/ai/2020.29.05.41
Sofia, I. P. (2017). Konstruksi Model Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship) Sebagai Gagasan Inovasi Sosial Bagi Pembangunan Perekonomian. WIDYAKALA JOURNAL, 2(1), 2. https://doi.org/10.36262/widyakala.v2i1.7
Stenn, T. L. (2016). Social entrepreneurship as sustainable development: Introducing the sustainability lens. Social Entrepreneurship as Sustainable Development: Introducing the Sustainability Lens. https://doi.org/10.1007/978-3-319-48060-2
Todaro, M., & Smith, S. C. (2011). Economic Development (11th ed.). Economic Development.
Tomar, D., Singh2, S., & Rajan3, A. P. (2018). Social Entrepreneurship and Poverty Mitigation in India. International Journal of Science and Research.
UNDP. (2016). Human Development Report 2016. United Nations Development Programme (UNDP). United Nations Development Programme.
Williams, R. (2010). Fitting heterogeneous choice models with oglm. Stata Journal, 10(4). https://doi.org/10.1177/1536867x1101000402
Williams, R. (2011). Fitting Heterogeneous Choice Models with Oglm. The Stata Journal: Promoting Communications on Statistics and Stata, 10(4). https://doi.org/10.1177/1536867x1001000402
Worsham Erin. (2012). Reflections and Insights on Teaching Social Entrep... Academy of Management Learning and Education, 11(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Bayu Kharisma, Yudha Hadian Nur, Adhitya Wardhana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.