KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN PADALEMBAGA PAUD DI KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.34147/crj.v2i02.37Keywords:
Studi Deskripsi, Kecerdasan Sosial Emosional, PendidikanAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian studi deskripsi kecerdasan sosial emosional anak. Sampel yang digunakan sebanyak 202 orang anak di 16 lembaga PAUD yang tersebar di 5 Kecamatan di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Analisis data dilakukan dengan cara mixed methods research design. Data yang dikumpulkan menggunakan instrumen observasi. Data dianalisis dengan membandingkan statistik deskriptif dan hasil data kuantitatif terhadap Kompetensi Inti (KI-2) Sikap Sosial yang tercantum pada Kurikulum 2013 PAUD, Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran tingkat perkembangan kecerdasan sosial emosional (meliputi Intra Personal Intelligence dan Inter Personal Intelligence) responden telah berkembang sesuai harapan, dan (2) Tingkat perkembangan kecerdasan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di Lembaga PAUD di Kota Bandung pada tahun ajaran 2014/2015 telah sesuai dengan Kompetensi Inti Sikap Sosial dalam Kurikulum 2013 PAUD.
Downloads
References
Buku Beaty, J.J. (2014) Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, p.92.
Centre, T.M. (2003) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Media Centre, p.203.
Creswell, J.W. (2009) Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches, Third Edition. California: SAGE Publications, p. 285.
Dimyati, J. (2014) Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, p.92. Goleman, D. (2007) Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, p.45 & 411.
Handini, M.C. (2012) Metodologi Penelitian Untuk Pemula. Jakarta: FIP Press, p. 81. Hurlock, E.B. (1988) Perkembangan Anak Edisi Keenam.Jakarta: Erlangga, p.263.
Mashar, R. (2015) Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya, Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group, p. 60.
Moleong, L.J. (2011) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, p.248.
Petersen, S.H. dan Wittmer, D.S. (2015) Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Pendekatan Antarpersonal. Jakarta: Kencana, p. 127-128.
Sugiyono (2007) Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, p.348.
Sukardi (2009) Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, p.161.
Suryabrata, S. (2009) Metodolgi Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, p. 60.
Suyadi (2014) Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, p.120.
Wijanarko, J. (2006) Anak Cerdas Ceria Berakhlak “Multiple Intelligence”. Tangerang: The Happy Holy Kids, p.38.
Wirawan (2012) Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers, p.160.
Pujianti (2009) Strategi Pengembangan Kecerdasan Sosial Emosi Anak Usia TK. Bekasi: STAI Bani Saleh, p.3.
Sandra (2008) Metode Pengembangan Kecerdasan Sosial Emosi Anak Usia Dini (Bekasi: STAI Bani Saleh, p.28.
Maria Advianti (2015) KPAI: Pelaku Kekerasan Terhadap Anak Tiap Tahun Meningkat. Diperoleh dari: http:// harianterbit.com (Diakses 29 April 2016).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 Renti Oktaria, Via Anggraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.